waspadadiabetesmu adalah blog yang membahas tentang dunia seputar Diabetes secara lengkap dan teruji

Retinopati Diabetik - Berapa Banyak yang Anda Ketahui?

Saya pergi pada awal minggu ini agar mata saya diuji di klinik skrining retina yang datang ke operasi saya setiap enam bulan sekali. Ini adalah hal paling menakutkan yang bisa Anda lakukan di operasi lokal Anda. Ketika saya pergi untuk pengangkatan saya, saya telah melakukan satu skrining sebelumnya, jadi saya lupa apa yang terjadi selama proses berlangsung. Kali ini saya pergi ke sebuah van screening buatan khusus, yang memiliki peralatan teknis seharga ribuan pound. Saya dipandu ke depan van dan dijelaskan tentang apa yang akan terjadi, dan mengapa.

Alasan mengapa penderita diabetes harusnya sering melakukan tes mata adalah karena sesuatu yang disebut Diabetic Retinopathy. Ini adalah penyakit mata progresif yang bisa menyebabkan katarak, glaukoma dan berpotensi menyelesaikan kebutaan jika tidak tertangkap lebih awal. Hal ini karena pembuluh darah di mata sangat kecil, dan pengendalian yang buruk dapat menyebabkan melemahnya dan pecahnya arteri. Saat itulah mata tidak bisa mendapatkan cukup darah dan oksigen dan akan mulai memburuk.

Selama proses skrining retina, beberapa orang mungkin harus minum obat tetes mata untuk melebarkan pupil mereka. Pada berita inilah fotografer saya mengatakan bahwa murid saya adalah yang terbesar yang pernah dia lihat dan bahwa saya tidak memerlukan obat tetes ini sampai berusia sekitar 60. Pada kebanyakan orang mereka membutuhkan tetes dari usia sekitar 35 dan seterusnya. Lagi pula, saya masuk ke sebuah ruangan dengan peralatan dan itu mendekat kepada saya. Ini terlihat cukup besar, tapi saya yakin ini akan berubah dalam beberapa tahun ke depan. Saya diminta untuk meletakkan dagu saya di tempat istirahat, dahi saya di atas sebuah bar dan menatap titik putih di layar di depan saya. Saya punya satu foto diambil dan kemudian saya diminta melihat ke kanan, dan mengikuti sebuah kotak dengan mata saya. Foto lain diambil. Hal yang sama dilakukan untuk mata yang lain. Setelah ini saya diberi kesempatan untuk melihat foto-foto yang telah diambil. Ini terlihat seperti lingkaran kekuningan dengan garis merah melewatinya. Apa yang dicari fotografer adalah lingkaran merah acak dan tempat di mana garis merah tidak bergabung (kapal pecah).

Saya diberitahu bahwa dari pandangan pertama mataku baik-baik saja, dan semuanya tampak baik-baik saja. Tapi saya harus menunggu beberapa minggu untuk hasil penuh. Saya pasti ingat untuk memesan sendiri untuk janji berikutnya agar tetap memperhatikan mata saya.
Labels: Diabetes, Obat Diabetes, Tips Kesehatan

Thanks for reading Retinopati Diabetik - Berapa Banyak yang Anda Ketahui?. Please share...!

Back To Top